AKHIR PANDEMI, BINTANG TSURAYYA MUNCUL - INI PESAN RASULULLAH



VIRAL Video Cahaya Kecil yang Disebut Bintang Tsurayya, Pertanda ...
Pandemi covid-19 yang menyerang sebagian besar belahan dunia masih menjadi perhatian besar hingga kini. Masyarakat dunia pun selalu berharap dan bertanya, kapan sebenarnya wabah yang menyerang organ pernapasan ini akan berakhir.
Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW telah menyampaikan beberapa kabar gembira berkaitan dengan wabah virus. Rasulullah menyampaikan bahwa setiap wabah akan berakhir dalam waktu singkat. Disebutkan pula, setiap wabah yang muncul di dunia akan diangkat Allah SWT saat muncul bintang di suatu hari.
"Apabila satu saat nanti, muncul bintang di satu hari, pada pagi hari, maka akan diangkat lah segala macam wabah," demikian sabda Rasulullah SAW yang dinukil Imam Ahmad bin Hambal dalam musnad kumpulan kompilasi hadis-hadis.
Kemudian dalam riwayat Imam Thabrani dalam Mu’jam Ausath 1305 disampaikan, "Tidaklah terbit bintang di pagi hari sama sekali sedangkan suatu kaum ditimpa penyakit (wabah), kecuali pasti wabah itu diangkat dari mereka".

Munculnya Bintang Tsurayya dianggap sebagai penanda berakhirnya suatu wabah, seperti masa pandemi Covid-19. Khususnya bagi kalangan ahli ilmu falak atau astronomi dan ilmu hikmah.
Rasulullah Muhammad Shallalahu alaihi wassalam (SAW) bersabda :
 “Jika Bintang (Najm) naik, maka diangkatlah penyakit/virus dari penduduk seluruh negeri” (HR. at-Thabrani)
 “Jika Bintang (Najm) terbit pada pagi hari, maka diangkatlah penyakit/virus dari penduduk seluruh negeri” (HR. Abu Daud)
 “Tidaklah terbit Bintang (Najm), sementara di bumi tengah dilanda penyakit/virus, melainkan (penyakit/virus) itu diangkat” (HR. Ahmad)

Para ulama kemudian mengatakan, yang dimaksud bintang dalam hadis tersebut adalah bintang Tsurayya. Menurut Al-Imam ibnu Mulaqqin, bintang Tsurayya itu akan muncul pada bulan Mayu atau bulan May. Kita semua mengenalnya sebagai Mei.
Bahkan Syeikh Ahmad bin Abdurrahman Al-Banna As-Saati mengatakan bahwa wabah maksimal menimpa suatu megeri tidak lebih dari 50 hari. Kemudian Al-Imam Ibnu Hajar Al-Asqollani dan Al-Imam Badruddin Al-Ayni dalam Syarh Bukhori mengatakan bahwa wabah ini akan terangkat ketika memasuki musim panas.
Selanjutnya Al-Imam At-Thobroni dalam kitabnya Mu'jamus Shoghir menyebutkan hadis riwayat Rasulullah SAW  bersabda: "Apabila bintang Tsurayya itu muncul, maka segala macam wabah yang ada di bumi ini, baik berskala nasional maupun internasional, akan terangkat oleh Allah SWT".

Sumber :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI - HATI KE HATI

ANAK DI TENGAH LAUTAN

7 BENTUK MATA BERIKUT MENGGAMBARKAN KEPRIBADIANMU