MENULIS ITU MUDAH



Menulis adalah hal yang diajarkan dari sejak kita mulai bisa menggunakan pulpen, pinsil atau crayon. Tanpa fikir panjang kita menulis apa saja yang kita mau. Hingga di bangku sekolah kita diajarkan menulis yang baik dan benar. Lalu beberapa diantara kita menuangkan kisahnya di buku diari.

Tanpa aturan penulisan yang benar-benar baku kata demi kata mengalir dengan mudah di fikiran kita. Lalu mengapa sebagian orang mengatakan saya tidak bisa menulis atau menulis itu pekerjaan yang sulit ?.Banyak yang meragukan dirinya dengan bertanya “Baguskah Tulisanku ini ?” atau “bagaimana mencari materi yang baik untuk ditulis ?”, sehingga memutuskan tidak memulai menulis. Jadi cobalah dari pertanyaan “maukah kita mulai berbagi cerita tentang diri kita atau sekitar kita ?”.

Banyak hal yang bisa kita ceritakan, apa yang kita lihat apa yang ingin kita ketahui, apa yang kita sukai, dan apa-apa lainnya. Tidak mudah untuk memulai, segala sesuatunya butuh proses, butuh perjuangan sedikit atau banyaknya itu tergantung apa yang kita ingin capai. Yang paling penting adalah mulailah terlebih dahulu tanpa. Begitu kita mulai menuliskan kata pertama maka tulisan itu akan menjadi kesan, setidaknya kesan untuk kenangan kita sendiri. Kenangan yang besok mungkin kita lupa, namun tulisan membingkainya secara abadi. Tulisan bisa menjadi sejarah. Tidak harus seperti sejarah Napoleon Bonaparte atau Imam Al Ghazali, bisa juga sejarah perjalanan ayah dan bunda untuk menjadi album masa muda kelak diceritakan kepada si buah hati, kisah sulit dalam menitih kehidupan yang menjadi lubang untuk dihindari orang lain, kisah album mantan yang membuat pejuang cinta lainnya move on dgn ceria, kisah inpirasi yang mengisi puzzle di fikiran para pencari ide, dan kisah-kisah lainnya. 

Begitu banyak hal Mahakarya seperti gedung-gedung pencakar langit, mesjid tajmahal, mobil mercy berasal dari gagasan lalu dituangkan kedalam tulisan, hingga berbentuk desain dan lahirlah mahakarya. Betapa banyak orang yang berawal dari iseng-iseng justru menjadi mahakarya. Mengenai kepandaian menulis, mudah kita pelajari dengan memperbanyak membaca, belajar lewat om google, atau mengikuti kelas online. 



Banyak jenis tulisan yang bisa anda pilih untuk anda asah sesuai dengan minat anda. non Fiksi seperti Artikle, Essai, Opini, Diari, dll atau anda ingin mencoba membuat karya non Fiksi seperti Puisi, Novel, Cerpen dll. Lalu bayangkan anda punya blog sendiri, tulisan anda dimuat di media. Bayangkan tulisan anda telah menjadi buku, suatu saat buku itu terpamppang sejajar dengan buku-buku andalan anda di rak-rak perpustakaan, di toko-toko buku. Bayangkan tulisan memberikan banyak manfaat bahkan merubah banyak orang. 

Jangan pernah meragukan diri anda karena Tuhan punya banyak cara untuk mengangkat deraja seseorang, diantaranya melalui tulisan. 
Saya pun sangat pemula dalam hal menulis. Saya tertarik untuk belajar menulis berangkat dari ketidaktahuan, dari ketidaktahuan itu banyak pertanyaan yang ingin saya bagikan, dari ketidaktahuan itu saya mencoba menjejali hutan kehidupan, menambal keresahan-keresahan yang selama ini saya rasakan. Hal yang tidak mudah saya ceritakan ke orang lain namun dengan mudahnya mengalir di lembar tulisan. Jadi, hal sulit ini bukan lagi “pekerjaan yang sulit”, tapi pengisi waktu yang menyenangkan. Tulisanlah teman curhat pendengar setia, dimana ketika kita mencoba menpublishnya atau membagikan ke orang lain maka orang lain akan menjadi saksi sejarah dalam kehidupan kita. Secara tidak langsung mereka akan menemani kita bermain dan andil dalam kisah kita.Teruslah menulis hingga waktunya sejarah kita diminati dan dinanti banyak orang.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI - HATI KE HATI

ANAK DI TENGAH LAUTAN

7 BENTUK MATA BERIKUT MENGGAMBARKAN KEPRIBADIANMU